Centre Method in NFS

Metode Sentra di lingkungan Nurfahmi School terdiri dari 6 sentra yaitu:

Sentra Persiapan (Readiness Centre)

Sentra ini menyediakan permainan yang mengajak anak kepada aktivitas yang lebih serius dari sekedar main.

Di sini disediakan huruf-huruf, buku-buku cerita, alat tulis, angka-angka, pohon hitung dan bahan-bahan lain yang merangsang anak mencoba konsep aksara dan matematika, hingga kemampuan membuat buku.

Melalui Sentra Persiapan, pembelajaran seorang anak dimulai dari sesuatu yang sederhana agar mereka paham secara alamiah.

Sentra Ibadah (Ibadah Centre)

Pada sentra ini disediakan sarana-sarana ibadah dan diperkenalkan aturan-aturan dalam beribadah seperti doa sehari-hari, praktek sholat dan wudhu, termasuk tidak ketinggalan asmaul husna.

Sasarannya adalah agar anak mengenal konsep Tauhid sejak dini dan agar nilai-nilai moral islami menjadi bagian dalam hidup anak sehari-hari.

Di sini juga dibangun keaksaraan dengan huruf-huruf hijaiyah serta kebiasaan membaca Al Qur’an sejak dini melalui metode Iqro.

Sentra Balok (Block Centre)

Sentra ini dilengkapi balok-balok bentuk geometri dengan berbagai ukuran. Diupayakan setiap anak mendapat paling sedikit 100 balok agar dapat merangsang anak menciptakan bentuk bangunan bangunan yang bervariasi dan terstruktur sesuai dengan idea atau gagasannya.

Semua potongan balok tersebut ditata dengan klasifikasi yang akurat pada loker di sentra balok. Anak tanpa sadar setiap memandang penataan balok di loker belajar tentang klasifikasi bentuk dan ukuran, serta belajar menghitung jumlah balok yang diperlukan dalam konstruksi bangunan yang diciptakannya.

Sentra Bahan Alam (Science Centre)

Sentra ini menyediakan bahan sifat cair atau bahan alam (eksplorasi di bak pasir, bak air dengan perlengkapannya). Diantaranya:

  1. Alat ukur (literan, botol, jerigen, sendok, gelas ukur dan pompa air).
  2. Bahan dengan benda-benda yang mengapung dan yang bisa tenggelam (batu, batu apung dan busa).
  3. Percampuran warna (air, sumba, cat air).
  4. Ublek (adonan tepung, pewarna, air).
  5. Pengenalan tekstur kasar dan halus (tepung, pasir).

Sentra Seni (Art & Craft Centre)

Sentra ini menyediakan permainan antara lain: pembelajaran menggambar, mewarnai dan melukis, dengan bermacam-macam media dan cara, membuat bentuk benda, binatang atau tanaman dengan macam-macam bahan.

Selain itu, anak juga dikenalkan meronce, menggunting sederhana, melipat kertas, mencocok gambar, membatik, jumputan, mozaik, kolase, menganyam dan menjahit sederhana.

Semua kegiatan tersebut untuk memperkenalkan anak memahami cara bekerja dengan bahan seni serta melatih pengembangan motorik kasar dan halus pada anak.

Sentra Main Peran (Dramatic Play Centre)

Kegiatan pada sentra ini terbagi 2 aktivitas besar yaitu Main Peran Besar dan Main Peran Kecil. Sentra ini disebut juga main simbolik, role play, pura-pura, make believe, fantasi, imajinasi atau main drama.

Kegiatan Main Peran Besar menggunakan alat-alat yang berukuran sesungguhnya. Misalnya guru menggunakan alat-alat tulis dalam pembelajaran, perlengkapan makan, dokter dengan peralatannya, dsb.

Kegiatan Main Peran Kecil misalnya rumah boneka, rangkaian kereta dengan rel, kebun binatang dengan miniature binatang. Anak diberikan kesempatan menciptakan kejadian-kejadiandalam kehidupan nyata dengan cara memerankan secara simbolik.

Semua anak mendapat kesempatan bermain dan membuat pilihan main di setiap sentra sesuai jadwal putaran sentra yang sudah direncanakan. Perencanaan sentra ini disesuaikan dengan usia dan kebutuhan anak.